Cara Mengisi JADWAL Dapodik 2018 disertai CONTOH Yang Wajib Anda Tau

Cara Mengisi JADWAL Dapodik 2018 disertai CONTOH

Cara Mengisi JADWAL Dapodik 2018 disertai CONTOH - Dukungan Pemerintah akan selalu ada bagi Kemajuan Dunia Pendidikan, diantaranya memajukan kemampuan para pendidiknya, semangat para guru ini Tak hanya bagi siswa melainkan untuk materi yang mereka amalkan. Setiap anak mempunyai kekuatan dan bakat unik mereka sendiri.. Karakteristik mereka akan menular pada anak didiknya. Maka mengembangkan para guru menjadi peran utama dalam melonjakkan Dunia Pendidikan itu sendiri. Antara lain seperti kemajuan tingkat status para guru.


Pembahasan kali ini adalah seputar Pengimputan Menu JADWAL Dapodik 2018 sebab bagi para Guru dan Operator hal ini masih termasuk baru sehingga banyak rekan-rekan Operator yang merasa kesulitan dalam mengimput Jadwal Pelajaran tersebut meskipun hal ini pernah juga para Operator dulu menemui hal pembuatan Jadwal Pelajaran seperti ini, saat masih boomingnya  PADAMU Negeri beberapa tahun silam. jadi untuk hal pendataan, Menu Jadwal pelajaran bukan hal yang baru. Namun karena sistemnya yang baru, maka panduan terupdate perlu kita rilis.

Sebelum operator sekolah memakai fitur jadwal dan mengisi data di dalamnya, ada beberapa hal yang wajib dipahami dan dipersiapkan terlebih dahulu diantaranya yaitu sebagai berikut: 

1. Mengisi Data Periodik Sekolah
2. Persiapan Data Prasarana
3. Persiapan Data Rombongan Belajar
4. Persiapan Data Pembelajaran 
Keterangan lengkap ke 4 persiapan tersebut Bisa dibaca langsung di juknis Dapodik 2018 halaman 35 - 52 atau Bisa di unduh di link berikut:

Juknis Aplikasi Dapodik 2018


Kembali lagi membahas Pengimputan Jadwal Pelajaran di Dapodik 2018, hal paling dasar yang wajib Operator persiapkan yaitu Jadwal Pelajaran yang sudah diterapkan di Sekolahnya. sebab nantinya operator tinggal menyalin jadwal tersebut ke jadwal di Aplikasi Dapodik 2018. Apalagi  bukan tupoksinya dalam membuat Jadwal Pelajaran. akan tetapi Tak ada salahnya Operator juga mencoba untuk membuat jadwal Pelajaran di Sekolahnya dengan catatan mengetahui Juknis Jumlah Jam Mengajar (JJM) Perminggu tiap-tiap rombongan belajar.

Berikut contoh Pembagian JJM yang Bisa di terapkan untuk pengisian Jadwal di aplikasi Dapodik 2018. di gambar tersebut untuk kelas 1 dan Kelas 4 memakai Kurikulum 2013 sebab di Tahun pelajaran 2017/2018 sudah banyak sekolah yang mulai menerapkan Kurikulum 2018. Dan untuk jumlah JJM merupakan Jumlah MAKSIMAL yang Bisa di masukkan ke dalam Rombel.
Dari Data tersebut, barulah kita Petakan Pembagian JJM tersebut ke dalam Jadwal Mingguan.
Langkah Terakhir, kita tinggal menyalin Jadwal tersebut ke dalam Jadwal di Aplikasi Dapodik 2018. Tapi sebelum itu, pastikan rekan-rekan sudah membaca dan memahami betul Keterangan di juknis Dapodik 2018 halaman 35 - 52. Terutama di Data Pembelajaran, Pastikan Rekan-rekan sudah mengisi Pembelajaran masing-masing PTK supaya saat kita membuat jadwal pelajaran, data PTK dan Pelajaran muncul.

Contoh JADWAL DAPODIK 2018 berdasarkan data di atas





Demikian Panduan Seputar Cara Mengisi JADWAL Dapodik 2018 disertai CONTOH Yang Wajib Anda Tau, semoga membawa manfaat dan tentunya panduan ini kami persembahkan untuk para Guru dan Operator di seluruh Indonesia sebagai langkah memperingan kerja para pejuang di dunia pendidikan ini.

0 Response to "Cara Mengisi JADWAL Dapodik 2018 disertai CONTOH Yang Wajib Anda Tau"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar. Tidak diperkenankan untuk menyertakan segala bentuk link dalam komentar Anda. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel