WILAYAH FORMAL DAN FUNGSIONAL Yang wajib Kita Tau


Tidak di pungkiri kenyataanya ilmu itu luas sebelum membahas mengenai WILAYAH FORMAL DAN FUNGSIONAL ini, kenyataannya kita wajib belajar Sebab dalam kehidupan kita sehari-hari kita butuh kemampuan banyak hal yang belum kita pahami yang sebenarnya. Misalnya, supaya mampu menyampaikan keinginan kita kepada orang lain dengan bagus dan benar, kita wajib mengetahui Tutorial berkomunikasi. supaya Bisa berkomunikasi, kita wajib Bisa membaca dan menulis. Sebelum membahas mengenai WILAYAH FORMAL DAN FUNGSIONAL, Sekarang, Bisa disimpulkan bahwa hanya membuka pemikiran kita untuk belajar kita Bisa menanggulangi masalah yang kita hadapi setiap hari. Kita belajar, akan mengubah diri kita, dari belum mengetahui, atau belum menguasai hal tertentu, supaya kita Bisa menyelesaikan segala sesuatu dalam kehidupan kita dan membuat kita semakin berisi.

WILAYAH FORMAL DAN FUNGSIONAL




1. Wilayah Formal

Yang dimaksud wilayah formal menurut Wardiyatmoko, yaitu wilayah yang bercirikan dengan asosiasi areal yang ditandai dengan alam fisik, biotik, dan sosial.
Perwilayahan dengan cara formal di permukaan bumi, mudah diamati dan dibedakan Sebab perwilayahan dengan cara formal jelas batas-batasnya. Berdasarkan proses klasifikasinya ada beberapa wilayah dengan cara formal antara lain:

a. Wilayah Menurut Kekhususannya. Klasifikasi wilayah ini merupakan daerah tunggal, mempunyai ciri-ciri geografi yang khusus. Wilayah demikian ini disebut specific region.

Contoh:
1) Wilayah Asia Tenggara, di mana daerah ini merupakan daerah tunggal dan mempunyai ciri-ciri geografi yang khusus, seperti dalam hal lokasi, penduduk, adat-istiadat, bahasa, dan lain sebagainya.
2) Wilayah waktu Indonesia bagian Timur, di mana daerah ini merupakan daerah tunggal dan mempunyai ciri khusus, yaitu yang lokasinya di Indonesia bagian timur.
3) Wilayah daerah penangkapan udang Bahari di Indonesia mempunyai ciri khusus. Lokasinya sepanjang pantai hutan bakau atau Bahari yang pantainya tidak begitu dalam dan reliefnya bercelah-celah yang cocok untuk sarang udang.


b. Wilayah yang Menekankan Perbedaan Kepada Jenisnya disebut generic region. Dalam hal ini fungsi wilayah kurang diperhatikan.

Contoh:
wilayah iklim, wilayah vegetasi, wilayah fisiografi, wilayah pertanian, dan wilayah yang menghasilkan hasil bumi. Dalam hal ini yang ditekankan merupakan jenis perwilayahan aja.



c. Wilayah Berdasarkan Keseragaman atau Kesamaan Dalam Kriteria Tertentu. Wilayah seperti ini disebut uniform region.

Contoh:
wilayah pertanian, di mana terdapat keseragaman atau kesamaan antara petani atau daerah pertanian dan kesamaan ini menjadi sifat yang dimiliki oleh elemen-elemen yang membentuk wilayah.



2. Wilayah Fungsional (Nodal)

Yang dimaksud wilayah fungsional (nodal) menurut Wardiyatmoko, yaitu wilayah-wilayah pen ting yang sangat erat kaitannya dengan objek kejadian di permukaan bumi.

Contoh:
a. Terjadinya tanah longsor (erosi) di daerah Wonogiri merupakan di daerah pegunungan yang wilayah hutannya gundul.
b. Terjadinya gempa bumi tsunami di Aceh, wilayah yang paling parah merupakan Meulaboh Sebab daerahnya dekat pantai, tanahnya relative datar, dan dekat dengan pusat gempa bumi di dasar Bahari.
c. Terjadinya letusan gunung api Merapi di Jawa Tengah (April s.d. Juni 2006), wilayah yang paling parah merupakan kecamatan Selo Boyolali Sebab jaraknya dengan gunung Merapi sangat dekat (± 6 km).
d. Terjadinya kekeringan air di gunung seribu di Jawa Tengah Selatan, wilayah yang paling menderita merupakan Kecamatan Parang Gupito dan Rongkop Sebab daerah topografi karst, air tanahnya sangat dalam.
e. Candi Borobudur terkenal di dunia dan termasuk tujuh keajaiban dunia, wilayah Indonesia yang paling penting, yaitu Muntilan Magelang Sebab dekat dengan Borobudur sehingga Bisa menyediakan kebutuhan sarana dan prasarana untuk wisatawan.

bagus di wilayah formal dan wilayah fungsional segala Bentuk pengembangan pembangunan wajib berwawasan lingkungan. Oleh Sebab itu, usaha pelestarian lingkungan hidup wajib dilaksanakan seoptimal mungkin. Usaha pelestarian lingkungan hidup banyak kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.

Untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang, Aplikasi pembangunan wajib berwawasan lingkungan. Hindari dampak pembangunan dari kerusakan dan pencemaran lingkungan. Tercapainya keselarasan hubungan antara manusia dengan lingkungan hidup wajib diutamakan.

0 Response to "WILAYAH FORMAL DAN FUNGSIONAL Yang wajib Kita Tau"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar. Tidak diperkenankan untuk menyertakan segala bentuk link dalam komentar Anda. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel