PERUBAHAN BENTUK PERMUKAAN BUMI Yang Wajib Kita Tau

Ada banyak informasi yang Bisa kita pelajari sebelum membahas mengenai PERUBAHAN BENTUK PERMUKAAN BUMI ini, kenyataannya kita butuh mempelajari sesuatu Sebab dalam kehidupan kita sehari-hari kita wajib menjalankan banyak hal yang belum kita pahami yang sebenarnya. Misalnya, untuk mampu di keahlian tertentu yang kita harapkan, maka kita wajib mengikuti pelatihan yang memang membagikan ilmu yang kita butuhkan. Sebelum membahas mengenai PERUBAHAN BENTUK PERMUKAAN BUMI, Sekarang, Bisa disimpulkan bila hanya membuka pemikiran kita untuk belajar kita Bisa mengatasi masalah yang kita hadapi setiap hari. Kita belajar, akan mengubah diri kita, dari belum memahami, atau belum menguasai hal tertentu, supaya kita Bisa menyelesaikan segala sesuatu dalam kehidupan kita dan membuat kita semakin mempunyai kemampuan.

PERUBAHAN BENTUK PERMUKAAN BUMI

Bentuk permukaan bumi selamanya tidak tetap, akan tetapi mendapatkan perubahan-perubahan bentuk dari waktu ke waktu atau zaman ke zaman.

Adapun faktor-faktor penyebabnya bermacam-macam, yaitu:

a. Tenaga geologi yang berasal dari dalam yang disebut tenaga endogen, menyebabkan terjadinya bentuk/bangunan relief permukaan bumi.
b. Tenaga geologi yang berasal dari luar yang disebut tenaga eksogen, menyebabkan perombakan bangunan relief permukaan.

Di samping klasifikasi tersebut, tenaga geologi dibedakan pula atas luas areal yang dikenai tenaga itu dan kecepatan tenaga itu bekerja. Klasifikasi kedua tersebut dibedakan menjadi dua, yaitu orogenesa dan epirogenesa.

a. Orogenesa atau pembentukan pegunungan, 
yaitu tenaga geologi yang bekerja di areal yang relatif sempit dan relatif cepat. Sempit dan cepat dalam geologi tidak seperti pengertian sehari-hari. Deretan Pegunungan Mediterania yang memanjang dari Pegunungan Atlas di Afrika hingga ke Pegunungan Indonesia itu merupakan hasil tenaga orogenesa.

b. Epirogenesa atau pengangkatan/penurunan benua. 
Epirogenesa bekerja di daerah yang relatif luas dan relatif lambat.

Tenaga endogen terbagi atas 3 bagian, yaitu tektonisme, vulkanisme, dan gempa.

a. Tektonisme
 ialah peristiwa pergeseran dan perubahan letak kerak bumi dalam skala besar, meliputi lipatan, patahan, dan tektonik lempeng.
b. Vulkanisme
 ialah segala kegiatan magma dari lapisan dalam litosfer menyusup ke lapisan yang lebih atas atau hingga ke luar permukaan bumi.
c. Gempa bumi
 ialah sentakan asli di kerak bumi sebagai gejala pengiring dari aktivitas tektonisme ataupun vulkanisme dan terkadang-terkadang runtuhan bagian bumi dengan cara lokal.

0 Response to "PERUBAHAN BENTUK PERMUKAAN BUMI Yang Wajib Kita Tau"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar. Tidak diperkenankan untuk menyertakan segala bentuk link dalam komentar Anda. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel