Tatacara Pendaftaran Online CPNS KemenkumHAM dan MA

Tatacara Pendaftaran Online CPNS KemenkumHAM dan MA

Cara Daftar Online CPNS KemenkumHAM dan MA - Dukungan Menteri Pendidikan akan selalu ada bagi Perkembangan Dunia Pendidikan, antara lain melonjakkan kemampuan para pendidiknya, hasrat para guru ini bukan hanya bagi siswa melainkan untuk konten yang mereka amalkan. Guru menysihkan demikian banyak waktu dengan anak didiknya, terkadang bahkan lebih daripada orang tua mereka. Karakteristik mereka jelas menular pada anak didiknya. Maka mengembangkan para pendidik menjadi andil utama dalam melonjakkan Dunia Pendidikan itu sendiri. Diantaranya misalnya pelayanan pada kepegawaian para guru.


Badan Kepegawaian Negara (BKN) adalah Forum resmi milik pemerintah yang menangani penerimaan CPNS pada website resminya bkn.go.id menjadikan pusat Informasi Penerimaan CPNS baru. Kementerian Hukum dan Copyright Asasi Manusia (KemenkumHAM) dan Mahkamah Agung (MA) sudah mengusulkan untuk formasi tambahan pegawai baru yang jumlahnya sekitar 19.210 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 17.962 kuri untuk CPNS pada KemenkumHAM, sedangkan untuk MA membuka kursi sebanyak 1.684 CPNS. Namun total jumlah tersebut Tak semuanya diperuntukkan untuk jalur Publik, Sekitar 468 kursi diperuntukkan kepada masyarakat Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang. 

Proses Pendaftaran Online CPNS KemenkumHAM dan MA 
Pendaftaran CPNS online ini akan dipusatkan pada website sscn.bkn.go.id. Proses pendaftaran dengan cara onlinenya berdasarkan dari Pengumuman Mahkamah Agung yang diunduh dari website menpan.go.id, calon peserta Bisa menjalankan registrasi online melalui https://sscn.bkn.go.id.

Pendaftaran online sendiri diawali dengan registrasi (pendaftaran) pada website http://sscn.bkn.go.id, Untuk menjalankan registrasi itu sendiri Anda Bisa membuka websitenya tersebut, setelah itu klik tombol daftar. Setelah itu, isi data pada form registrasi dengan lengkap, setelah itu isi password untuk masuk ke dalam akun pendaftaran CPNS. Simpan bagus-bagus username dan password Anda, jangan hingga Anda lupa.
Setelah menjalankan registrasi dan mempunyai username dan password, Anda juga sudah mempunyai nomor Register Pendaftaran. nomor tersebut Bisa Anda lihat setelah Anda masuk dengan username dan password tersebut. Setelah masuk, Anda juga Bisa mencetak Kartu Ujian dengan cara online, bila sudah dinyatakan lulus seleksi Administrasi awal.

Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya, mengenai pendaftaran online di website sscn.bkn.go.id
daftar online CPNS 2017

Itulah tadi gambar mekanisme pendaftaran online CPNS melalui website sscn.bkn.go.id, klik 2 kali untuk memperbesar gambar.


TATACARA PENDAFTARAN Publik
1. Pelamar dengan kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Publik dan Sarjana/S-1: 
a. Dokumen persyaratan terdiri dari:
  • 1) Surat lamaran ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta, diketik memakai komputer, bermaterai Rp. 6.000,- dan ditangtangani dengan pena bertinta hitam. 
  • 2) Kartu Asterik Penduduk (KTP) asli atau Surat Keterangan dari DipendukCapil daerahnya masing-masing. 
  • 3) Apabila domisili pelamar Tak sesuai dengan alamat KTP, yang bersangkutan wajib membuat surat keterangan dari Lurah/kepala Desa yang menyatakan yang bersangkutan telah berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun. 
  • 4) Ijazah dan transkrip nilai Ijazah asli
  • 5) Surat Pernyataan wajib diketik memakai komputer, bermaterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam. 
  • 6) pas photo berlatar belakang warna merah berukuran 3x4 (1 lembar)
b. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan dengan cara online melalu laman: https://sscn.bkn.go.id dengan memakai Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP.
c. Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal tanggal dan bulan tertentu (ditutup pukul 23.59 WIB).
d. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi Bisa mencetak kartu peserta ujian dengan cara online melalui laman: https://bkn.go.id dimulai pada tanggal dan bulan tertentu.

2. Pelamar dengan Kualifikasi Pendidikan Diploma III/D-III dan SLTA/Sederajat: 
a. Dokumen persyaratan terdiri dari
  • 1) Surat lamaran ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta, diketik memakai komputer, bermaterai Rp. 6.000,- dan ditangtangani dengan pena bertinta hitam. 
  • 2) Kartu Asterik Penduduk (KTP) asli atau Surat Keterangan dari DipendukCapil daerahnya masing-masing. 
  • 3) Apabila domisili pelamar Tak sesuai dengan alamat KTP, yang bersangkutan wajib membuat surat keterangan dari Lurah/kepala Desa yang menyatakan yang bersangkutan telah berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun. 
  • 4) Fotokopi ijazah /STTB dan Daftar Nilai pada Ijazah / STTB
  • 5) Fotokopi ijazah SD, SLTP, dan SLTA sebagai bukti pelamar menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat atau Asli Surat keterangan dari kelurahan/ kepala desa yang menerangkan bahwa pelamar asli dari Papua berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli dari Papua Eksklusif untuk pelamar jabatan penjaga tahanan dari kriteria pelamar Putra/Putri Papua dan Papua Barat. 
  • 6) Surat Pernyataan wajib diketik memakai komputer, bermaterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam. 
  • 7) pas photo terbaru berlatar belakang warna merah ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
  • 8) bukti pendaftaran yang dicetak dari laman sscn.bkn.go.id
b. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan dengan cara online melalu laman: https://sscn.bkn.go.id denan memakai Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP.
c. Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal dan bulan tertentu (ditutup pukul 23.59 WIB).
d. Setelah menemui kartu pendaftaran, pelamar mengirimkan berkas lamaran sesuai persyaratan pelamaran melalui PO.BOX dari masing-masing Kantor Wilayah yang dituju.
e. Batas waktu penerimaan berkas lamaran pada PO.BOX paling lambat diterima pada tanggal dan bulan tertentu pada pukul 16.00 waktu setempat.

TAMBAHAN:
  • Untuk pendaftar Cumlaude, dilampirkan juga surat keterangan yang menunjukkan perguruan tinggi negeri atau swasta terakreditasi A. 
  • Foto yang akan dikirim dibelakangnya ditulisi nomor registrasi online dan nama di balik foto. 
  • Berkas yang sudah siap dimasukkan ke dalam amplop warna cokelat dan disudut kanan atas ditempel potongan nomor pendaftaran registrasi online. 


Tahapan Seleksi 
1. Tahapan Seleksi Dokter Spesialis, Dokter Publik dan S-1
  • Seleksi Administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis CAT
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Substansi Jabatan dengan CAT berbobot 50%, dan wawancara dengan bobot 50%
  • Eksklusif Pelamar TI, SKD terdiri dari Praktek kerja Komputer (50%), Wawancara (50%). 
2. Tahapan Seleksi D-III
  • Seleksi Administrasi terdiri dari verifikasi dokumen lamaran, Verifikasi dokumen asli dan Pengukuran Tinggi Badan
  • SKD berbasis CAT
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Substansi Jabatan dengan CAT berbobot 50%, dan pengamatan fisik dan keterampilan (PFK) bobot 50%
3. Tahapan Seleksi SLTA/ Sederajat
  • Seleksi Administrasi yang terdiri dari Verifikasi Dokumen lamaran dan dokumen asli serta pengukuran tinggi badan
  • SKD berbasis CAT
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Substansi Jabatan dengan CAT berbobot 50%, dan pengamatan fisik dan keterampilan (PFK) bobot 50%
Itulah beberapa informasi mengenai Tatacara pendaftaran Online CPNS KemenkumHAM dan MA yang telah bersumber dari dokumen resmi pengumuman CPNS kemenkumhan, website bkn.go.id dan menpan.go.id, Semoga informasi yang telah kami hingga kan tadi Bisa bermanfaat buat para pencari informasi untuk mendaftar dengan cara online pada website http://sscn.bkn.go.id, semoga kesuksesan selalu menyertai anda.

0 Response to "Tatacara Pendaftaran Online CPNS KemenkumHAM dan MA"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar. Tidak diperkenankan untuk menyertakan segala bentuk link dalam komentar Anda. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel